The Accountant, ajang pemanasan Batman dengan Commissioner Gordon

The Accountant
- Jumat, 14 Oktober 2016 -

Directed by : Gavin O'Connor

"Tidak apa-apa, lanjutkan saja"

Christian Wolff - Ben Affleck, Dana Cummings - Anna Kendrick, Ray King - J.K. Simmons, Brax - Jon Bernthal, Francis Silverberg - Jeffrey Tambor, Marybeth Medina - Cynthia Addai-Robinson, Lamar Black - John Lithgow, Rita Blackburn - Jean Smart, Ed Chilton - Andy Umberger


Walaupun masuk dalam 2011 blacklist the "most liked" unmade scripts of the year, tetapi pada akhirnya film ini jadi dibuat dan sudah siap rilis pada tanggal 14 Oktober 2016 ini. Menyaksikan The Accountant layaknya sedang bermain puzzle, seperti yang sudah terlihat di dalam posternya, Gavin O'Connor sang sutradara yang angkat nama lewat Warrior (Tom Hardy, Joel Edgerton) di tahun 2011 yang berhasil mengocok emosi penonton lewat problematika keluarga yang memaksa kakak dan adik saling pukul di arena MMA, kali ini kembali dengan cast yang cukup mempesona, mencoba untuk membuat penonton bertanya-tanya dan sempat kebingungan dengan alur cerita yang terkesan tidak rapih dan melompat kesana kemari, tetapi disatukan oleh sebuah benang merah, layaknya berbagai aliran sungai yang akhirnya menuju ke muara yang sama, dengan durasi selama 128 menit, menjadikan pace film ini "terkesan" lama.

Premis seorang anak autis yang memiliki keistimewaan di dalam bidang matematika memang sudah cukup sering diceritakan di dalam dunia perfilman Hollywood, katakan saja Mercury Rising di tahun 1998 yang dibintang Bruce Willis, kemudian ada juga yang based on a true story seperti A Beautiful Mind yang kebanjiran penghargaan dan memberikan Ron Howard dan Jeniffer Conelly Oscar pertamanya. Lantas apa jadinya kalau anak autis tersebut dididik secara keras ala militer untuk mempersiapkan dirinya di dalam menghadapi masa depan yang akan keras terhadap dirinya.

Sosok Ben Affleck yang berperan sebagai Christian Wolff terlihat seperti dua karakter berbeda dan bertolak belakang, layaknya Batman yang memiliki dua kehidupan, pada pagi dan siang hari Wolff terlihat sebagai seorang akuntan yang kikuk dan sulit untuk bersosialisasi, tetapi di sisi lain, dirinya juga ahli dalam bela diri dan tidak ada masalah dengan menghilangkan nyawa orang. sebuah premis yang sebenarnya cukup menarik, tetapi sayangnya film ini seperti terbagi fokusnya, para penonton pun merasa apa yang dihadirkan dalam film ini serba tanggung baik sebagai film drama maupun sebagai film action. Menjadikan film ini terasa seperti dua buah film yang digabung menjadi satu.

Cast yang ada juga terasa disia-siakan, dengan menghadirkan 2 pemenang Oscar (Ben Affleck & J.K. Simmons) dan 2 nominasi Oscar (Anna Kendrick & John Lithgow), banyak yang memiliki ekspektasi cukup tinggi terhadap film ini. Seandainya film ini lebih difokuskan untuk menjadi sebuah film action, hasil akhirnya mungkin akan berbeda, tetapi karena terlalu terpecah antara drama dengan action membuat pace film ini menjadi cukup berantakan.

The Accountant sendiri terasa seperti sebuah ajang pemanasan dari Warner dan untuk mengetes chemistry dari Batman (Ben Affleck) dan Commissioner Gordon (J.K.Simmons) sebelum Justice League yang direncakan akan rilis di tahun 2017 nanti. Selain kedua orang tersebut sebenarnya masih ada dua orang lagi yang cukup dekat dengan dunia superhero, yaitu Jon Bernthal (The Punisher) dan Cynthia Addai-Robinson (Amanda Waller).

Pada akhirnya The Accountant adalah sebuah film yang cukup menghibur, apabila di tengah-tengah film kita merasa sedikit bosan dan mengantuk, "TIDAK APA-APA, LANJUTKAN SAJA" karena semua kebosanan dan rasa kantuk itu akan hilang di akhir film (www.theInigo.com)




Official Trailer The Accountant

No comments