Inferno, petualangan ketiga dari saga Robert Langdon

Inferno
- Rabu, 12 Oktober 2016 -

Directed by : Ron Howard

Robert Langdon - Tom Hanks, Dr. Sienna Brooks - Felicity Jones, Christoph Bouchard - Oman Sy, Bertrand Zobrist - Ben Foster, Harry Sims "The Provost" - Irrfan Khan, Dr. Elizabeth Sinskey - Sidse Babett Knudsen


Tahun ini adalah tahun yang sangat sibuk bagi Tom Hanks dan Felicity Jones, keduanya memiliki proyek film yang sudah dan akan tayang lebih dari dua film, Tom Hanks pada tahun ini sudah tampil dalam film A Hologram for the King dan Sully, sedangkan Felicity Jones lebih banyak lagi, tercatat sudah dua filmnya yang tayang di jaringan bioskop Indonesia, yaitu Collide dan A Monster Calls. Dan sebelum kita menyaksikan aksinya pada bulan Desember nanti dalam film blockbuster, Rogue One : A Star Wars Story, kita dapat menyaksikan aktingnya terlebih dahulu dalam Inferno.

Inferno adalah film ketiga dari saga Robert Langdon yang diangkat dari novel buah tangan dari Dan Brown, setelah The Da Vinci Code di tahun 2006, Angels & Demons di tahun 2009, kini giliran Inferno untuk dibuat dalam media film, satu-satunya novel dalam saga Robert Langdon yang belum difilmkan dan kemungkinan besar tidak akan difilmkan adalah The Lost Symbol yang konon tidak jadi dibuat filmnya dikarenakan premis cerita yang terlalu mirip dengan National Treasure yang telah rilis lebih dulu dan dibintangi oleh Nicolas Cage dan Diane Kruger.

Keunikan dan salah satu nilai plus dari novel karya Dan Brown adalah keberanian dan kejeniusannya di dalam mencampur adukan fiksi dengan fakta yang melibatkan landmarks sebuah negara, apabila dalam The Da Vinci Code Langdon berpetualang dan mencari garis keturunan dari Yesus Kristus, yang pada waktu itu sangat mengguncang dunia, hingga banyak diadakan seminar-seminar hanya untuk membahas apakah novel tersebut fakta atau fiksi belaka. setelah itu Langdon membongkar jaringan illuminati dalam Angels & Demons, kali ini ia dipaksa untuk mencegah tersebarnya virus berbahaya yang bisa membunuh setengah dari populasi dunia.

Kuartet Brian Grazer sebagai produser, Ron Howard selaku sutradara, Hans Zimmer selaku komposer dan ujung tombak Tom Hanks kembali berperan sebagai Robert Langdon kembali hadir dalam proyek ini, membuat ekepektasi publik terutama para pencinta novel Dan Brown menjadi tinggi, terlebih jangka waktu yang cukup lama (7 tahun) dari Angels & Demons yang hadir di tahun 2009.

Ron Howard sendiri semakin piawai di dalam menjaga momentum dan pace dari petualangan Robert Langdon, ayah kandung dari Bryce Dallas Howard yang sudah beberapa kali berkolaborasi dengan Tom Hanks mampu menjaga pace dari film berdurasi 121 menit ini. penonton hampir tidak diberikan waktu untuk bernapas melalui petualangan membelah Italia dan Eropa ini.

Tom Hanks yang baru saja kita saksikan dalam perannya sebagai kapten Chesley "Sully" Sullenberger sudah semakin matang dalam aktingnya sebagai seorang professor lulusan Harvard University yang menderita claustrophobia (takut berada dalam ruangan sempit) dan selalu menggunakan jam tangan Mickey Mouse hadiah ulang tahunnya yang ke-9 pemberian kedua orang tuanya, sedangkan Felicity Jones juga tampil tidak mengewakan dan cukup mumpuni untuk mengimbangi performa Tom Hanks yang entah mengapa selalu mendapat partner wanita cantik dan jenius di dalam setiap petualangannya, setelah Audrey Tautou di The Da Vinci Code, Ayelet Zurer di Angels & Demons.

Mungkin ada baiknya apabila kita tidak terlalu atau sebisa mungkin jangan membandingkan film ini dengan novelnya, karena film dan buku adalah media yang sangat berbeda, buku mampu membuat para pembacanya untuk berfantasi sebebas-bebasnya, sedangkan dalam film fantasi tersebut hanya sebatas fantasi si pembuat film saja, selain itu keterbatasan durasi juga membuat film dan buku tidak bisa dibandingkan begitu saja. Jadi ada baiknya untuk lebih bisa menikmati film ini, sebaiknya jangan terlalu dibandingkan dengan novelnya. (www.theInigo.com)


Official Trailer Inferno

No comments