Deepwater Horizon, action biopic inspired by a true story

Deepwater Horizon
- Rabu, 28 September 2016 -

Directed by : Peter Berg

Mike Williams - Mark Wahlberg, Jimmy Harrell - Kurt Russell, Landry - Douglas M. Griffin, Andrea Fleytas - Gina Rodriguez, Kaluza - Brad Leland, Vildrine - John Malkovich, Jason Anderson - Ethan Suplee, Felicia - Kate Hudson, Mr. Skip - Peter Berg, Caleb Holloway - Dylan O' Brien


Siapa yang menyangka Peter Berg, aktor yang angkat nama lewat TV Series Chicago Hope sebagai Dr. Billy Kronk kini sudah menjadi sutradara dan menghasilkan beberapa film bertabur bintang Hollywood seperti Will Smith, Charlize Theron, Jason Bateman (Hancock), Jamie Foxx, Jennifer Garner dan Chris Cooper  (The Kingdom), Taylor Kitsch, Brooklyn Decker, Rihanna, Liam Neeson (Battleship), walaupun dirinya bukanlah sutradara yang cukup sukses dari segi pencapaian box office (tercatat hanya Hancock saja yang berhasil meraih keuntungan cukup besar), tetapi dirinya terus dipercaya oleh pihak studio untuk menggarap film-film berbudget cukup besar dengan bintang ternama.

Setelah Lone Survivor di tahun 2013 yang lalu, kini Peter Berg kembali mengajak Mark Wahlberg untuk kembali membuat film yang berdasarkan kisah nyata, bagi para pelaku dan pemerhati pengeboran minyak bumi tentu masih ingat dan mungkin tidak akan melupakan meledaknya kilang minyak lepas pantai Deepwater Horizon di bulan April 2010, sebuah kecelakaan yang hingga kini masih tercatat sebagai "the worst oil spill in U.S. history".

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Peter Berg adalah sutradara yang cukup beruntung karena selalu dipercaya oleh pihak studio dengan budget cukup besar. Dan kini di Deepwater Horizon, pihak studio tidak keberatan untuk membangun sebuah oil rig khusus untuk digunakan di film ini dan mencatat rekor sebagai set piece terbesar yang pernah dibuat dalam sejarah perfilman, tidak heran budget film ini mencapai angka $ 156 juta.

Peter Berg, sutradara yang hampir selalu tampil cameo dalam film-film karyanya dan kini kembali tampil cameo sebagai Mr. Skip, memiliki style khusus dalam film-filmnya, selain hampir selalu mengajak Brad Leland, adegan slow motion panoramic diiringi dengan scoring gubahan Steve Jablonsky adalah signature scenenya, selain itu banyak juga yang mulai menyamakan sutradara kelahiran tahun 1964 ini dengan Michael Bay yang ahli dalam mengkoreografi kekacauan, penggunaan special effect, pyro dan ledakan di dalam filmnya, demikian juga dengan salah satu sisi negatif dari Michael Bay yang terkenal kurang mampu mengeksplorasi sisi drama dan kemanusiaan, demikian juga dengan Peter Berg di film ini, walaupun sudah diberikan materi yang sangat berpotensi untuk mengeksplor sisi kemanusiaan dan menjadi tearjerker scene, tetapi sayangnya film ini terlalu asik untuk menjadi film action-biopic, yang menyebabkan para penonton menjadi kurang terikat dengan para korban yang meninggal di dalam kecelakaan ini.

Deepwater Horizon bukanlah sebuah film yang jelek, tetapi juga tidak bisa dianggap sebagai film yang memorable sebagai film tribute yang based on a true story, walau demikian film ini mengalir dengan cukup baik, Peter Berg secara jenius dan kreatif berhasil memberikan pengetahuan dasar tentang teknis dari oil rig dengan scene yang penuh kehangatan, membuat para penonton tidak merasa digurui tetapi pesannya bisa diterima dengan baik, selain itu salah satu hal positif dari film ini yang patut dicatat adalah berhasil mempertemukan Kate Hudson dengan sang ayah angkat Kurt Russell, walaupun keduanya sudah cukup lama berlalu lalang di dalam perfilman Hollywood, tetapi ini merupakan film pertama yang mempertemukan mereka berdua, (www.theInigo.com)





Official Trailer Deepwater Horizon

No comments