American Made Movie Review

American Made
Jumat, 25 Agustus 2017

Directed by: Doug Liman

Barry Seal - Tom Cruise, Monty Schafer - Domhnall Gleeson, Lucy Seal - Sarah Wright, JB - Caleb Landry Jones, Sheriff - Jesse Plemons, Dana Sibota - Jayma Mays


Duo dibalik kesuksesan Edge of Tomorrow (2014), Sutradara Doug Liman dan aktor Tom Cruise kembali berkolaborasi lewat American Made, film biografi ketiga dari Tom Cruise setelah Born on the Fourth of July (1989) dan Valkyrie (2008). Tahun ini menjadi tahun yang cukup sibuk bagi keduanya, Doug Liman baru saja merilis The Wall dan Tom Cruise baru saja atau mungkin masih sibuk mempromosikan The Mummy, kini keduanya harus bersiap-siap untuk mempromosikan film ini, American Made sendiri rencananya baru akan dirilis di Amerika pada bulan September dan Indonesia mendapat kehormatan untuk bisa menyaksikan film ini sebulan lebih cepat.

American Made sendiri menceritakan tentang kehidupan Barry Seal, seorang mantan pilot TWA yang banting setir bekerja untuk CIA sekaligus kartel narkoba terbesar sepanjang masa, Medellin Cartel di tahun 1980an, kisah hidup dari Barry Seal sungguh luar biasa dan sedikit unbelievable, mungkin apabila film ini dibuat dengan tidak menggunakan nama asli dan tidak diinformasikan terlebih dahulu kalau based on a true story, semua orang akan menganggap ini adalah kisah fiksi yang terlalu berlebihan. Makanya sangat luar biasa apabila mengingat kalau ini adalah kisah hidup dari seseorang bernama Barry Seal.
Komparasi antara Barry Seal dengan Tom Cruise

Poin penting yang patut diacungkan jempol adalah performa dari Tom Cruise, meskipun "Tom Cruise adalah Tom Cruise" yang sangat jarang mau merubah penampilan fisiknya, tetapi penampilannya kali ini jauh lebih baik dibandingkan performanya sewaktu di The Mummy dan bisa dibilang film seperti inilah yang menjadi zona nyaman dari aktor yang sudah menghasilkan lebih dari 100 film, dimana seluruh film berotasi dengan karakternya sebagai pusatnya.

Selain Tom Cruise, kinerja Doug Liman juga patut mendapat kredit tersendiri, sepertinya sutradara
kelahiran New York ini memahami bagaimana cara mengeluarkan potensi terbaik dari seorang Tom Cruise dan mampu memberikan unsur humor dan kehangatan dalam filmnya dengan sangat baik. American Made pada akhirnya adalah sebuah film biografi yang digarap dengan sangat menarik, ringan dan menghibur.


No comments