Perayaan Festival Kue Bulan Perkumpulan Guangzhao Jakarta 2017 berlangsung meriah



Perayaan Festival Zhong Qiu Jie 中秋節 atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mid Autumn Festival secara international dan perayaan kue bulan di Indonesia dirayakan setiap tanggal 15 bulan 8 menurut kalender lunar, yang mana pada tahun ini jatuh pada tanggal 04 Oktober 2017 (Rabu).

Baca Juga --> Kisah Sejarah Perayaan Kue Bulan

Kue bulan itu sendiri seringkali dimaknai sebagai simbol dari keharmonisan, kebebasan dan kedamaian, selain itu pertengahan musim gugur juga musim yang paling tepat untuk berkumpul bersama keluarga, sebuah tradisi yang tetap dijalankan secara turun temurun hingga saat ini.

Perkumpulan Guangzhao Jakarta juga tak ketinggalan setiap tahunnya ikut merayakan festival kue bulan ini, pada tahun 2017 ini perayaan tersebut diadakan pada hari Jumat, 06 Oktober yang lalu dengan mengambil tempat di Sense Restaurant, Mangga Dua Square, Jakarta.

Baca Juga --> Perayaan Festival Kue Bulan 2016 Perkumpulan Guangzhao Jakarta

Perayaan ini juga dimanfaatkan oleh Perkumpulan Guangzhao Jakarta sebagai momentum perubahan sistem yang sudah berjalan lebih dari 30 tahun menjadi lebih modern, salah satunya adalah perubahan fisik dari kartu anggota, yang tadinya hanya berupa selembar kertas layaknya KTP, kali ini diganti menjadi kartu (layaknya e-KTP) lengkap dengan kode barcode yang akan dipergunakan untuk memudahkan pendataan keanggotaan. Dengan demikian nantinya dapat dilakukan identifikasi, pengiriman surat maupun undangan dan penyampaian informasi bisa dilakukan secara cepat dan tepat sasaran. Hal ini tentunya menjadi sebuah inovasi baru yang diharapkan mampu menjadi terobosan dan pilot project dari daerah-daerah anggota Perhimpunan Warga Guangzhao Seluruh Indonesia (Perwaguzsi) lainnya.

Dalam laporannya, Purnomo Rahardjo (Lie Zhi Ming) menjelaskan kalau kesuksesan acara ini adalah berkat kerja sama dan kekompakan kaum muda yang tergabung dalam Guangzhao Muda Jakarta yang didukung dan diberikan kepercayaan secara penuh dari seluruh pimpinan dan tokoh-tokoh senior dari Perkumpulan Guangzhao Jakarta.

Guangzhao Muda Jakarta

Sedangkan Ho Tjin Gin selaku Ketua Perkumpulan Guangzhao Jakarta dalam sambutannya menyatakan kebanggaannya atas kekompakan dari seluruh warga Guangzhao Jakarta, menurutnya Festival Kue Bulan memang sebuah momen untuk silaturahmi dan mempererat persaudaraan sesama warga Guangzhao Jakarta. Dalam kesempatan ini Ho Tjin Gin juga mengajak para anggota untuk memanfaatkan dengan baik gedung perkumpulan dengan berbagai kegiatan yang sudah ada, seperti Taiji, Kungfu, Tenis Meja, Paduan Suara hingga Karaoke.

Sementara Kuncoro Wibowo selaku Ketua Umum Perhimpunan Warga Guangzhao Seluruh Indonesia (PERWAGUZSI) memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ho Tjin Gin dan segenap pengurus Guangzhao Jakarta yang telah sukses menggelar perayaan festival kue bulan ini. Kepemimpinan dan keberanian serta kepercayaan yang diberikan oleh Ho Tjin Gin kepada generasi muda Guangzhao Jakarta dianggap sangat penting dan krusial agar regenerasi kepengurusan dan kepemimpinan organisasi dapat tercipta dengan baik dan lancar.

Acara dipandu oleh duo ayah-anak, Reza Sjarif dan Brandon Owen Sjarif

Dalam acara yang dipandu oleh duo ayah anak Reza Sjarif - Brandon Owen Sjarif ini juga dilakukan pembagian kue bulan secara simbolis kepada para lansia warga Guangzhao Jakarta, selain itu para tamu juga diajak untuk mengenang Ketua Departemen Perempuan Guangzhao Jakarta, Sumarni Lie atau yang lebih dikenal dengan nama Suyen yang baru saja berpulang ke pangkuan Ilahi beberapa waktu yang lalu

Tim Barongsai Kong Ha Hong

Dihadirkan pula ke atas panggung Andrean Wijaya selaku Ketua Departemen Olahraga dan Rekreasi Guangzhao Jakarta beserta rombongan tim barongsai kebanggaan warga Konghu, Kong Ha Hong Lion Dance Troupe yang baru saja kembali dari China Tour dengan mengikuti tiga kejuaraan international di Tiongkok. Dalam kejuaraan tersebut mereka meraih peringkat ketiga dalam kejuaraan di Shanghai, kemudian peringkat kedua nomor tonggak dalam kejuaraan di Yangzhou dan Foshan.

Baca Juga --> Kong Ha Hong Lion Dance Troupe China Tour 2017

Acara juga dimeriahkan oleh penampilan tim Paduan Suara Guangzhao Jakarta di bawah kepemimpinan Ny. Yusuf Hamdani, selain itu dihadirkan pula para penyanyi-penyanyi Guangzhao Jakarta seperti Liu Jia Ling, Eddy Lie, Hen-Hen, Ma Jin Lan dan Lily Elham.




No comments