5 pemain Meksiko tersubur di Bundesliga

5 Pemain Meksiko tersubur di Bundesliga


Meksiko yang terletak di Amerika Tengah dan menjadi saingan terberat Amerika Serikat di zona CONCACAF turut mengirimkan pemainnya ke BundesligaDi era modern ini, pemain Meksiko yang paling terkenal yang bermain di Bundesliga adalah Javier Hernandez yang sekarang menjadi penyerang Bayer LeverkusenPemain berjuluk Chicharito tersebut juga merupakan pencetak gol terbanyak Bundesliga saat ini dari seluruh pemain Meksiko.

Berikut ini 5 pemain Meksiko yang menjadi pencetak gol terbanyak di Bundesliga sampai sekarang. 


5. Ricardo Osorio (73 kali bermain, 1 gol)
Ricardo Osorio (Sumber: Archetron)
Pemain yang lahir pada 30 Maret 1980 ini hanya mencetak satu gol semasa karirnya di BundesligaOsorio direkrut oleh VfB Stuttgart setelah penampilannya yang memukau bersama Meksiko di Piala Dunia 2006 yang berlangsung di Jerman.

Gol pertama sekaligus satu-satunya Osorio di Bundesliga dicetak pada tanggal 16 Februari 2007 ketika Stuttgart menghadapi Eintracht Frankfurt. Dalam pertandingan yang akhirnya dimenangkan oleh Stuttgart 4-0 tersebut, Osorio mencetak gol pada menit ke 44.


4.Maza (40 kali bermain, 2 gol)
Maza (Sumber: Marca)
Francisco Javier Rodriguez Pinedo lahir di Mazatlan, Sinaloa, Meksiko yang menjadi asal-usul nama panggilannya yaitu Maza. Mengawali karir profesional di Guadalajara pada tahun 2002 sebelum pindah ke PSV Eindhoven tahun 2008. 3 musim di Belanda, Maza pindah ke Vfb Stuttgart pada tahun 2011.

Di klub barunya ini, pemain kelahiran 20 Oktober 1981 meneken kontrak selama tiga tahun namun pada bulan Januari 2013 dia kembali ke Meksiko dan bermain untuk America.

Selama petualangan singkatnya berseragam Stuttgart, Maza bermain 40 kali dan mencetak 2 gol.


3. Pavel Pardo ( 71 kali bermain, 4 gol)
Pavel Pardo (Sumber: ESPN)
Pavel Pardo Segura yang lahir pada 26 Juli 1946 ini merupakan salah seorang legenda hidup kesebelasan Meksiko sebagai pemegang rekor bermain untuk timnas Meksiko sebanyak 146 kali dan menduduki peringkat kedua bersama Gerardo Torrado dan berada di belakang Claudio Suarez yang mencatat 177 kali penampilan.

Mirip dengan Osorio yang menarik minat klub di Jerman setelah Piala Dunia 2006, Pardo direkrut juga oleh VfB Stuttgart setelah perhelatan akbar tersebut.

Pardo mencetak gol perdananya di Bundesliga saat Stuttgart bertanding menghadapi Werder Bremen pada 16 September 2006. Tanggal 19 Mei 2007 Stuttgart resmi menjadi juara Bundesliga berkat kontribusi pemain-pemain mereka yang salah satunya adalah Pardo yang tampil 33 kali.

Pemain yang bermain pada posisi gelandang bertahan ini berseragam Stuttgart selama 3 musim sebelum kembali ke America yang telah membesarkan namanya.

Di Stuttgart, Pardo bermain 71 kali dan mencetak 4 gol.


2. Marco Fabian (35 kali bermain, 7 gol)
Marco Fabian (Sumber: Univision)
Marco Jhonfai Fabi├ín de la Mora yang lahir pada tanggal 21 Juli 1989 ini sekarang bermain untuk Eintracht Frankfurt. Pemain tengah yang telah membukukan 37 penampilan untuk timnas Meksiko ini pindah ke Frankfurt dari Guadalajara dengan nilai transfer 4 juta dolar dan dikontrak selama tiga tahun.

Debutnya bersama Frankfurt berlangsung saat menghadapi VfL Wolfsburg pada 24 Januari 2016 di kandang mereka. Fabian turun menggantikan Haris SeferovicGol pertamanya di Bundesliga adalah saat Frankfurt menang 2-1 atas Bayer Leverkusen pada 17 September 2016.

Sampai saat ini, Fabian telah bermain sebanyak 33 kali dan mencetak 7 gol.


1.Chicharito (54 kali bermain, 28 gol)
Chicarito (Sumber: ESPN)
Javier Hernandez Balcazar yang lebih dikenal dengan Chicharito pindah ke Bayer Leverkusen pada tahun 2015 dari Manchester United yang dibelanya selama empat musim.

Debutnya di Bundesliga berlangsung ketika Leverkusen menghadapi Darmstadt 98 pada bulan September yang berakhir dengan kekalahan. Empat hari setelahnya Chicharito berhasil mencetak gol pertamanya di Champions League ke gawang BATE Borisov yang dimenangkan Leverkusen 4-1.

Gol Bundesliga pertamanya dilesakkan ke gawang FSV Mainz yang membuatnya juga dianugerahi pemain terbaik pada pertandingan tersebut. Meskipun mencetak lima gol dari enam pertandingan di fase grup Champions League musim 2015/2016, Chicharito tidak sanggup membawa klubnya melangkah ke babak 16 besar dan terlempar ke Europa League.

Bulan November Chicharito digelari pemain terbaik bulan tersebut setelah dia mencetak gol saat kalah 1-2 dari Koln dan dua kali saat mengalahkan Eintracht FrankfurtBulan Desember dia kembali digelari pemain terbaik setelah mencetak hattrick pertamanya ke gawang Borussia Monchengladbach. Sampai saat tulisan ini dibuat, Chicharito telah mencetak 28 gol dari 54 kali bermain. 

Selain itu dia juga merupakan pemain Meksiko yang paling banyak bermain di pentas Champions League dengan total 47 penampilan.

-Ahmad Munawir-

No comments