5 Pemain Jerman yang pernah bergabung dengan Chelsea Football Club


5 Pemain Jerman yang pernah bergabung dengan Chelsea

Jerman yang saat ini merupakan juara bertahan Piala Dunia tak diragukan lagi sebagai produsen deretan pesepakbola ternama. Pemain-pemain mereka tidak hanya berkarir di dalam negerinya bersama Bundesliga, sebagian yang lain mencoba tantangan lain untuk bertarung di pentas liga luar negeri seperti Barclays Premier League, Ligue 1, atau La Liga.

Chelsea sebagai salah satu klub terkaya di dunia berkat dukungan finansial dari pemilik mereka yang berasal dari Rusia, Roman Abramovich tidak ketinggalan untuk ikut menjajal kemampuan para pesepakbola dari Jerman.

Uniknya, sampai saat ini baru ada 5 pemain Jerman yang pernah berbaju biru kostum kebanggaan klub kota London tersebut.

Siapa sajakah mereka? Simak ulasannya berikut ini.

1. Robert Huth (2002-2006).
Robert Huth
Sumber chelseafc.com
Pemain yang lahir sehari setelah hari kemerdekaan Indonesia yang ke 39 alias 18 Agustus 1984 ini merupakan pemain Jerman pertama yang bergabung dengan Chelsea di Premier League. Huth direkrut saat masih remaja dari klub Jerman bernama Union Berlin pada tahun 2001.

Debutnya untuk Chelsea terjadi pada saat dia masuk menggantikan Jesper Gronkjaer ketika Chelsea kalah di Stamford Bridge dari Aston Villa dengan skor 1-3. Selama lima tahun karirnya di Chelsea, Huth tercatat 42 kali turun ke lapangan. Jumlah penampilan yang terbilang sedikit ini, membuatnya memutuskan untuk pindah klub ke Middlesbrough pada tahun 2006.

Saat ini, Huth yang juga merupakan anggota skuad Jerman pada Piala Dunia 2006 saat menjadi tuan rumah dan meraih juara ketiga ini bermain di Leicester City. Penampilannya yang memuaskan para penggemar The Foxes, menyebabkan kontraknya yang sebelumnya berupa pinjaman diperpanjang menjadi kontrak permanen.

Jumlah penampilan untuk Jerman : 19 caps dengan 2 gol.




2. Michael Ballack
Michael Ballack
Sumber chelseafc.com
Ballack bisa dikatakan adalah pemain Jerman di Chelsea yang paling sukses. Saat bersama Chelsea, kapten Jerman di Piala Dunia 2006 ini berhasil menyabet trofi Premier League 2009-2010; Piala FA musim 2006-07, 2008-09, dan 2009-10; Piala Liga 2006-07, serta Community Shield tahun 2009.

Ballack pindah ke Chelsea dengan status bebas transfer dari klub terkaya Jerman, Bayern Munich.

Kedatangannya ke Chelsea menyebabkan perselisihan antara pihak klub dengan William Gallas karena Ballack diberikan nomor 13 yang sebelumnya dipakai Gallas.

Debutnya untuk Chelsea di Premier League berlangsung pada 27 Agustus 2006 ketika Chelsea menghadapi Blackburn Rovers. Gol pertamanya berhasil dia lesakkan ke gawang Werder Bremen di arena Champions League.

Akhir musim perdananya di Chelsea ditutup dengan absen di laga-laga penutup karena harus menjalani operasi di Munich yang pemulihannya cukup panjang hingga terpaksa absen juga di fase grup Champions League 2007-2008.

Ballack kembali ke lapangan hijau membela Chelsea saat mereka menang 2-0 dari Liverpool di Piala Liga pada bulan Desember 2007. Saat itu, Ballack membukukan sebuah assist yang berbuah gol melalui kaki Andriy Shevchenko.

Tahun 2008 Ballack kembali meneguhkan gelarnya sebagai Mr Runner-Up karena menduduki peringkat kedua di Piala Liga, Premier League dan Champions League. Dengan timnas Jerman, Ballack dihadiahi medali perak setelah kalah 0-1 dari Spanyol di final Euro 2008.

Selama di Chelsea, Ballack bermain sebanyak 105 kali dan membukukan 17 gol sepanjang lima musim.

Meskipun sempat mengutarakan niat untuk gantung sepatu di Chelsea saat baru berbaju biru, Ballack memutuskan pulang ke Jerman dan bergabung dengan Bayer Leverkusen yang melejitkan namanya di pentas sepakbola dunia. Dua tahun di Leverkusen, Ballack akhirnya pensiun dari dunia sepakbola profesional.

Ballack terakhir kali muncul di layar televisi adalah ketika menjadi komentator untuk Euro 2016 di ESPN bersama dengan Alexi Lalas.

Jumlah penampilan untuk Jerman: 98 caps dengan 42 gol.


3. Marko Marin (2012-2016)
Marko Marin
Sumber chelseafc.com
Mengikuti jejak Ballack dan Huth, pada tahun 2012 Marko Marin yang memiliki darah Yugoslavia ini bergabung dengan Chelsea dari Werder Bremen.

Marin menandatangani kontrak 5 tahun yang mengikatnya di Chelsea hingga tahun 2017.

Debutnya bersama Chelsea berlangsung ketika menghadapi Wolverhampton Wanderers di Piala Liga tanggal 25 September.

Karir Marin di Chelsea tidak bisa dikatakan sukses meskipun sempat menjadi bagian dari tim yang memenangkan trofi Europa League musim 2012-2013.

Secara berturut-turut Marin dipinjamkan ke Sevilla pada musim 2013-2014, Fiorentina pada musim 2014-2015 yang hanya bertahan separuh musim sebab pada awal tahun 2015 Marin kembali berganti seragam menjadi Anderlecht, dan pada musim 2015-2016 bermain untuk Trabzonspor.

Meskipun terus menerus dipinjamkan, Marin mengaku tidak menyesal dengan keputusan yang diambil klub. Hal ini dia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan majalah Kicker.

Selama di Chelsea, Marko Marin tercatat hanya 6 kali turun ke lapangan dan menorehkan 1 gol. Saat ini Marin sedang bermain untuk klub dari Yunani, Olimpiakos.

Jumlah penampilan untuk Jerman : 16 caps dengan 1 gol.


4. Andre Schurrle
Andre Schurrle
Sumber chelseafc.com
Pemain keempat yang berseragam biru Chelsea dan berkewarganegaraan Jerman adalah Andre Schurrle. Pemain yang biasa beroperasi di sisi sayap ini adalah salah satu anggota skuad yang memenangkan gelar juara dunia di Brasil.

Schurrle pindah ke Chelsea pada tahun 2013 dari Bayer Leverkusen. Nilai transfer yang dicantumkan oleh Chelsea di situs mreka adalah 18 juta Poundsterling. Pemain bernomor punggung 14 ini melakukan debutnya pada 18 Agustus saat menghadapi Hull City di Stamford Bridge yang berakhir dengan skor 2-0.

Musim pertamanya di Chelsea cukup berhasil dengan menorehkan 8 gol hasil dari 30 kali bertanding. Salah satu gol pentingnya adalah ketika Schurrle berhasil menjebol gawang Paris Saint Germain yang membawa mereka melaju ke final Champions League musim tersebut.

Setelah berhasil meraih gelar Premier League pada musim keduanya di Chelsea, Schurrle memutuskan untuk angkat kaki dan kembali ke negaranya dengan berbaju Vfl Wolfsburg

Selama dua musim di Chelsea, pemain yang memberikan assist bagi Mario Gotze di final Piala Dunia 2014 ini 44 kali bertanding dan memasukkan 11 gol ke gawang lawan. Tahun 2016 Schurrle pindah ke Borussia Dortmund dan sampai saat ini dia telah bermain 15 kali dengan memasukkan 2 gol.

Saat Jerman mengalahkan tuan rumah Brasil 7-1, Schurrle yang masuk sebagai pengganti Miroslav Klose berhasil dua kali memasukkan bola ke gawang Julio Cesar.

Jumlah penampilan untuk Jerman : 57 caps dengan 22 gol (per 22 Maret 2017)




5. Antonio Rudiger (2017 - ? )
Antonio Rudiger
Sumber ESPN FC
Pemain berdarah Sierra Leone dan Jerman ini baru saja pindah ke Chelsea setelah dua musim berseragam AS Roma.

Nilai transfer Rudiger adalah 29 juta Poundsterling dengan kontrak selama lima tahun.
Ketika bermain di klub yang bermarkas di stadion Olimpico ini, pemain yang dapat bermain sebagai bek tengah ataupun bek sayap ini bermain sebanyak 56 kali dan dua kali mencetak gol.

Sebelumnya, Rudiger memulai karir profesionalnya bersama Vfb Stuttgart dengan 66 kali bermain dan melesakkan dua gol.

Bersama timnas Jerman, prestasi terbaru Rudiger adalah juara Piala Konfederasi setelah di final mengalahkan Cile berkat gol semata wayang Lars Stindl ke gawang Claudio Bravo di menit 20.

Dengan usianya yang masih tergolong cukup muda untuk ukuran pesepakbola khususnya pemain bertahan, karir Rudiger masih terbuka lebar baik di level klub maupun negara.

Akankah bek bertinggi badan190 cm ini menjadi bagian dari tim yang mempertahankan trofi Piala Dunia di Rusia tahun depan?

Mari sama-sama kita tunggu ikuti kiprahnya bersama Chelsea!


Penampilan bersama Jerman : 17 caps dan 0 gol (per 2 Juli 2017)

-Ahmad Munawir-

No comments