5 Pemain Brazil dengan jumlah penampilan terbanyak di Bundesliga


5 Pemain Brazil dengan jumlah penampilan terbanyak di Bundesliga


Jika bicara sepakbola, tak pelak lagi benak kita akan melayang ke satu-satunya negara yang telah berhasil lima kali menjadi juara dunia. Nama-nama seperti Pele, Ronaldo, Bebeto, Ronaldinho, Neymar, Roberto Carlos tentunya tidak asing lagi di telinga.

Persebaran pemain mereka sudah menguasai seluruh liga-liga kelas satu Eropa. Salah satunya adalah Bundesliga yang merupakan liga utama di Jerman. Pemain asal Brazil tentunya ada juga yang mencoba peruntungannya di Bundesliga.

Berikut ini 5 pemain asal Brazil dengan jumlah penampilan terbanyak di Bundesliga. Silakan disimak!

5. Rafinha ( 289 kali bermain, 10 gol)
Rafinha (Sumber: Getty Images)
Márcio Rafael Ferreira de Souza atau yang lebih dikenal sebagai Rafinha ini adalah pemain Bayern Munich yang beroperasi sebagai bek kanan.

Rafinha direkrut oleh Die Bayern pada tahun 2011 dari klub Italia, Genoa dengan nilai transfer 5.75 juta Euro. Di Bayern, Rafinha bertemu kembali dengan mantan rekan satu timnya ketika bermain di Schalke, yaitu kiper Manuel Neuer.

Rafinha mendapat lebih banyak kesempatan bermain sejak menit pertama ketika Phillip Lahm ditarik ke tengah dan menempati posisi gelandang bertahan.

Karir Rafinha sendiri di Bundesliga diawali ketika dirinya bermain untuk Schalke pada tahun 2005 setelah pindah dari Coritiba yang merupakan klub profesional pertamanya. Di Schalke, Rafinha bermain selama 5 musim dan membukukan catatan 153 kali bertanding dan 7 gol.

Di Bayern, sampai saat tulisan ini dibuat, Rafinha telah bertanding 136 kali dan mencetak 3 gol. Dengan demikian sampai saat ini Rafinha telah bermain sebanyak 289 kali di Bundesliga.


4. Marcelo Bordon (297 kali bermain ,14 gol)
Marcelo Bordon (Sumber: Alchetron)
Pemain bernama lengkap Marcelo Jose Bordon ini bermain untuk dua klub selama berkarir di BundesligaMantan pemain yang sekarang melatih klub Rio Branco di Brazil ini pertama kali bermain untuk VfB Stuttgart. Di klub tersebut, bek tengah yang hanya satu kali bermain untuk tim nasional Brazil ini bermain sebanyak 129 kali dan mencetak 11 gol.

Setelah menghabiskan lima tahun di Stuttgart, Marcelo Bordon pindah ke Schalke 04. Dan di klub barunya ini, pemain kelahiran 7 Januari 1976 dikontrak selama 6 musim. Dari musim 2004/2005 hingga 2010/2011 dengan total bermain sebanyak 168 kali dan mencetak  14 gol.


3. Naldo (317 kali bermain, 22 gol)
Naldo (Sumber: Getty Images)
Pada  tahun 2005, Werder Bremen kedatangan seorang bek bernama lengkap Ronaldo Aparecido Rodrigues yang lebih dikenal sebagai Naldo.

Naldo yang saat itu berusia 23 tahun direkrut oleh Bremen sebagai pengganti Valerien Ismael yang pindah ke Bayern Munich.

Musim pertamanya di Bremen terbilang sukses karena hanya absen dua kali dari seluruh pertandingan liga sepanjang musim serta tujuh kali bertanding di Champions League dari delapan kesempatan.

Keberhasilan ini terus berlanjut selama enam musim berikutnya menjaga jantung pertahanan Bremen kecuali musim 2010/2011 saat dia beristirahat karena menderita cedera. Saat klubnya bertanding di final Piala UEFA 2009, Naldo mencetak gol yang menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dan memaksa perpanjangan waktu saat menghadapi Shakhtar Donetsk. Sayangnya, bukan Bremen yang menambah gol di babak tambahan. Jadson yang juga berkewarganegaraan Brazil melesakkan gol ke gawang Bremen yang dikawal oleh Tim Wiese. Saat itu Naldo tak kuasa menahan tangisnya setelah peluit panjang berbunyi.

Bersama Bremen, Naldo tampil sebanyak 173 kali dan mencetak 22 gol.

Tahun 2012, meskipun sempat mengutarakan keinginan untuk bertahan di Bremen, pihak manajemen klub tidak kunjung menawarkan kontrak perpanjangan yang baru. Akhirnya Naldo menerima pinangan Vfl Wolfsburg.

Di tahun pertama, Naldo sempat diturunkan statusnya ke tim kedua setelah pelatih Wolfsburg saat itu mengritik kinerjanya. Namun serangkaian hasil buruk membuat Felix Magath, sang pelatih tidak bertahan lama. Pergantian pelatih ikut mengubah nasib Naldo yang berhasil turun sebanyak 31 kali dan mencetak 6 gol walaupun sempat menderita cedera hamstring. Setelah dua musim di Wolfsburg dan memperpanjang kontrak dua tahun, Naldo dipercayai sebagai kapten pada pertandingan pembuka liga musim 2014/2015.

Selama bermain empat musim di Wolfsburg, Naldo berhasil meraih gelar piala liga pada musim 2014/2015 dan DFL Supercup pada tahun 2015. Total penampilan Naldo di Wolfsburg adalah 125 kali bertanding dengan mencetak 16 gol.

Saat kontraknya habis di Wolfsburg pada tahun 2016, Naldo kemudian bergabung dengan Schalke dan menandatangani kontrak dua tahun. Sejauh ini Naldo telah 19 kali berseragam Schalke dan mencetak 1 gol.

Total penampilan Naldo di Bundesliga hingga tulisan ini dibuat adalah sebanyak 317 kali dan telah melesakkan 39 gol.


2. Dede (322 kali bermain, 12 gol)
Dede (Sumber: Fussballtransfers)
Leonardo de Deus Santos yang lebih dikenal sebagai Dede adalah pemain berkewarganegaraan Brazil yang hanya bermain di satu klub selama karirnya di Bundesliga.

Dede pindah ke Dortmund pada tahun 1998 saat usianya baru 20 tahun. Pertandingan debutnya bersama Dortmund berakhir dengan kekalahan dari Vfb Stuttgart 1-2. Di musim pertamanya Dede berhasil membukukan 29 kali penampilan dan membantu Dortmund finish di urutan keempat.

Musim selanjutnya, Dede mendapatkan pasangan di sayap kanan yang juga berkewarganegaraan Brazil bernama Evanilson. Selama empat musim berikutnya mereka menjadi pasangan yang sangat kompak dan menolong Dortmund menjuarai Bundesliga tahun 2002 serta menembus final piala UEFA.

Sinar Dede mulai meredup saat cedera mendera tahun 2009. Dengan kehadiran pesaing baru yang lebih muda di bek sayap kiri, Marcel Schmelzer, Dede semakin tersingkir.

Tahun 2011, Dede memutuskan pindah ke Turki setelah menyelesaikan 322 pertandingan berbaju Dortmund dan mencetak 12 gol.

Saat ini Dede menjadi asisten pelatih di klub Eskisehirspor.


1. Ze Roberto (336 kali bermain, 38 gol)
Ze Roberto (Sumber: Getty Images)
Ze Roberto adalah nama panggilan dari Jose Roberto da Silva Junior yang mengawali karir di Bundesliga bersama Bayer Leverkusen pada tahun 1998. Performanya selama di Leverkusen yang akhirnya mengangkat nama Ze Roberto ke level dunia. Selama empat tahun dia bermain di sana, Leverkusen berhasil tiga kali menjadi runner-up Bundesliga dan sekali menembus final Liga Champion.

Empat tahun di Leverkusen, Ze Roberto tampil sebanyak 113 kali dan mencetak 16 gol.

Selanjutnya Ze Roberto pindah ke Bayern Munich dengan nilai transfer 12 juta Euro dengan kontrak tiga tahun. Bertemu lagi dengan Michael Ballack, mantan rekan setimnya di Bayer Leverkusen, mereka bahu membahu membantu Bayern memenangkan gelar ganda Bundesliga dan DFB Pokal tiga kali selama tahun 2002 hingga 2006.

Tahun 2006 setelah kedatangan Felix Magath Ze Roberto pindah ke Santos dan memenangkan Campeonato Paulista pada tahun 2007.

Tahun 2007, dengan memanfaatkan aturan Bosman, Ze Roberto kembali ke Bayern Munich dan dikontrak selama dua tahun. Jika sebelumnya dirinya lebih banyak berperan sebagai pemain sayap, pada kesempatan keduanya Ze Roberto justru berpindah posisi ke gelandang tengah bekerjasama dengan Mark van Bommel.

Setelah tidak mencapai kata sepakat terkait perpanjangan kontraknya pada tahun 2009, Ze Roberto pindah ke Hamburger SV selama dua tahun.

Total pertandingan yang dimainkan oleh Ze Roberto selama berada di Bundesliga adalah 336 pertandingan dan mencetak 38 gol.



-Ahmad Munawir-

No comments