Valerian and the City of a Thousand Planets Movie Review

Valerian and the City of a Thousand Planets
Valérian et la Cité des mille planètes
Jumat, 28 Juli 2017 

Directed by: Luc Besson

Valerian - Dane DeHaan, Laureline - Cara Delevingne, Arun Filitt - Clive Owen, Bubble - Rihanna, Jolly the Pimp - Ethan Hawke, Defense Minister - Herbie Hancock, Captain Neza - Kris Wu, President of the Human Federation - Rutger Hauer

Luc Besson mungkin bisa dibilang sebagai sutradara asal Prancis yang paling sukses di perfilman Hollywood pada saat ini, walaupun tidak semua film yang dihasilkan berhasil menjadi sebuah film yang sukses secara kualitas maupun komersil, tetapi beberapa filmnya sukses menjadi sebuah cult movie bahkan pop culture tersendiri, masih segar dalam ingatan kita beberapa film seperti La Femme Nikita, Leon: The Professional, The Fifth Element yang sukses melahirkan seorang supermodel Milla Jovovich menjadi seorang action movie star hingga sekarang, The Messenger: The Story of Joan of Arc, hingga Lucy di tahun 2014 yang lalu

Selain aktif sebagai sutradara, Luc Besson juga dikenal memiliki insting yang cukup kuat ketika menjalani profesinya sebagai produser, beberapa film yang diproduseri cukup banyak yang melejit dan menjadi franchise baru atau bahkan juga menjadi pop culture, beberapa film tersebut antara lain Taxi (1998), Kiss of the Dragon (2001), Transporter (2002), District B13 dan jangan lupakan juga Taken, film yang berhasil merubah image Liam Neeson menjadi seseorang yang bad*ss.

Kali ini Luc Besson kembali duduk di bangku sutradara untuk menukangi film yang diangkat dari komik fiksi ilmiah Perancis berjudul “Valerian dan Laureline”, sutradara berusia 58 tahun ini kembali berhasil menampilkan keindahan fantasi luar angkasa dalam kemegahan film nya

Kisah yang dimulai dari abad 21, dimana stasiun luar angkasa Alpha masih berada dalam orbit bumi, mulai menerima berbagai macam bangsa di alam semesta ini untuk saling berbagi ilmu dan bertukar kebudayaan dalam segala keberagamannya. Semakin lama Stasiun Alpha ini semakin besar, dan keberadaannya di orbit bumi mulai mengancam bumi. Maka Stasiun Alpha ini harus di jauhkan dari orbit bumi.


Singkat cerita di 400 tahun kemudian, cerita beralih ke Planet Mul, dimana planet ini merupakan planet nan sempurna dan damai, dengan hamparan pantai dan laut yang indah. Di suatu hari Planet Mul mendapat musibah dengan jatuhnya berbagai pesawat luar angkasa dari angkasa dan menghancurkan seisi planet itu.

Lalu kisah beralih lagi ke sosok Valerian (Dane DeHaan) dan Laureline (Cara Delevingne), merupakan special agent yang ditugakan untuk menjaga keamanan di teritori manusia, mendapat tugas untuk bisa menemukan dan menghancurkan ancaman yang terdapat di stasiun Alpha.

Luc Besson sempat angkat nama melalui Fifth Element, sebuah film fantasi yang luar biasa. pada film tersebut, sutradara asal Perancis ini mempercayakan peran utama kepada seorang supermodel muda bernama Milla Jovovich, sebuah perjudian yang berbuah manis, baik secara film maupun secara kehidupan pribadi, karena mereka berdua sempat terlibat cinta lokasi dan menikah selama 2 tahun (1997 - 1999), kali ini Luc Besson kembali mempercayakan peran utama kepada seorang supermodel muda, Cara Delevigne (Suicide Squad).

Penggambaran dunia antar planet dan galaksi dengan berbagai rupa mahluk luar angkasa di awal film, begitu tampak nyata dan sempurna. Hal ini yang membuat para penggemar film, memuji kreatifitas dan imajinasi dari seorang Luc Besson. Namun sayangnya, konsentrasi untuk visualiasi imajinasi yang ditampilkan, tidak diimbangi dengan naskah cerita serta pemilihan pemain yang baik. Dengan budget mencapai +/-197juta euro dan durasi selama 137 menit, Valerian hanya memberikan kepuasan visual tanpa cerita dan penokohan karakter yang kuat. (JO)


No comments