Dunkirk Trivia

Dunkirk
Jumat, 21 Juli 2017

Directed by: Christopher Nolan

Tommy - Fionn Whitehead, Commander Bolton - Kenneth Branagh, Mr. Dawson - Mark Rylance, Farrier - Tom Hardy, Alex - Harry Styles


Christopher Nolan adalah salah satu sutradara yang paling dinantikan karya-karyanya, meskipun opini publik sampai saat ini masih terbelah, karena ada yang memang sudah menjadi fans fanatik hingga melahirkan statement "In Nolan We Trust", tetapi tidak sedikit juga yang merasa kalau dirinya adalah sutradara yang over rated, karena memang tidak semua karyanya bisa diterima oleh semua orang, terutama setelah Interstellar yang membuat banyak orang kebingungan. Walaupun begitu, Nolan tetap harus diakui sebagai seorang sutradara yang memiliki prinsip kuat dan tidak mau terbawa trend, di saat hampir semua sutradara berusaha mengikuti perkembangan jaman dengan teknologi CGI, 3D dan digital format, sutradara berusia 46 tahun ini masih tetap setia dengan practical effect, menolak untuk mentransfer karyanya menjadi 3D seperti yang lainnya dan tetap setia menggunakan format analog.

Baca juga beberapa istilah dunia perfilman Hollywood yang wajib diketahui

Dunkirk sendiri rencananya akan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada hari Jumat, 21 Juli 2017, sebelum filmnya tayang, mari kita baca-baca dulu beberapa trivianya berikut ini :

1. Film panjang kesepuluh dari Christopher Nolan setelah :
     * Following (1998)
     * Memento (2000)
     * Insomnia (2002)
     * Batman Begins (2005)
     * The Prestige (2006)
     * The Dark Knight (2008)
     * Inception (2010)
     * The Dark Knight Rises (2012)
     * Interstellar (2014)
     * Dunkirk (2017)

2. Menggunakan lebih dari 50 kapal laut dan mencatat sejarah sebagai yang terbanyak yang pernah dipergunakan di dalam sebuah film, terlebih sekarang sudah era digital yang tinggal menggunakan efek komputer untuk menambah jumlah kapal laut.

3. Akan menjadi proyek yang paling personal dari Nolan karena ide pembuatan film ini sudah ada sejak jaman dirinya masih duduk di bangku sekolah, proyek ini terus di-pending karena Nolan masih belum percaya diri dan merasa kalau pengalamannya belum cukup untuk menyutradarai sebuah film yang memang menjadi passion-nya sejak dulu.

4. Dunkirk akan menjadi film pertama dari Christopher Nolan yang "Based on historical events". Dan juga film pertamanya yang bertemakan perang

5. Dengan durasi hanya 106 menit, ini akan menjadi film terpendek kedua dari Nolan sejak Following (1998)

6. Hampir setiap sutradara memiliki aktor favorit yang diusahakan untuk selalu diajak di dalam karya-karyanya, demikian juga dengan Nolan yang hampir selalu mengajak Michael Caine di seluruh karyanya, setelah Insomnia di tahun 2002, baru kali ini Nolan tidak mengajak Michael Caine.

7. Selain Michael Caine, Cillian Murphy juga bisa dibilang adalah aktor favorit Nolan, Dunkirk akan menjadi kolaborasi kelima mereka.

8. Sedangkan untuk musik, Nolan hampir selalu mempercayakan karyanya kepada Hans Zimmer, setelah trilogy Batman, Inception dan Interstellar, Dunkirk akan menjadi film keenam kolaborasi antara mereka.



No comments