Tiga Dara Hasil Restorasi 4K sudah tayang di bioskop


Sebuah kebahagiaan yang sungguh besar ketika mendengar kabar kalau film tiga dara akan direstorasi hingga kualitas 4K, seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, tiga dara adalah film karya Usmar Ismail yang merupakan sosok penting di balik sejarah perkembangan film Indonesia. Sebelum menghasilkan film musikal Indonesia pertama pada tahun 1957, Tiga Dara, pria kelahiran Bukit Tinggi tersebut membuat dan merilis film anak negeri pertama yaitu Darah & Doa atau yang dikenal juga dengan judul Long March of Siliwangi pada tahun 1950.

Film Tiga Dara dibintangi oleh Chitra Dewi (Nunung), Mieke Wijaya (Nana), dan Indriati Iskak (Neni). Tak hanya ketiga aktris muda ini, Rendra Karno, Bambang Irawan, dan Fifi Young juga turut memperkuat film ini. Film Tiga Dara sendiri diproduksi dengan menggunakan dana pemerintah dalam upaya untuk membangkitkan Perfini dari keterpurukan, walaupun Usmar Ismail secara pribadi tidak setuju, tetapi film ini tetap dikerjakan. Dirilis pada tanggal 24 Agustus 1957 film ini langsung meledak, membuat artis-artis yang terlibat di dalamnya kebanjiran proyek, hasil penjualan tiketnya pun tidak sembarangan dan masuk list pendapatan film tertinggi pada masanya, bahkan ditampilkan di Festival Film Venesia pada tahun 1959 dan puncaknya adalah meraih penghargaan Tata Musik Terbaik atas nama Sjaiful Bachri di Festival Film Indonesia pada tahun 1960.

Upaya untuk merestorasi film ini bukanlah upaya yang mudah dan murah, perjuangannya begitu luar biasa, karena yang direstorasi bukan hanya audio saja, melainkan juga sisi fisik filmnya, dengan menunjuk tim S.A. Films akhirnya proses restorasi bisa selesai dan langsung dikonversi ke dalam format 4K oleh Laboratorium L'immagine Ritrovata.

Film hasil restorasi ini nantinya akan ditayangkan di 25 bioskop seluruh Indonesia. Dikonfirmasi melalui akun twitter @Film_Indonesia pada hari Selasa (9 Agustus 2016) kemarin, ke-25 bioskop tersebut terdiri dari 20 bioskop grup XXI, 3 bioskop grup CGV Blitz dan 2 bioskop grup Cinemaxx, dengan lokasi sebagai berikut :


No comments