Lights Out siap membuat kita takut untuk sekedar mematikan lampu

Lights Out 
- Selasa, 16 Agustus 2016 -

Directed by : David F. Sanberg
Produced by : James Wan

"The bitch is real" Rebecca

Rebecca - Teresa Palmer, Martin - Gabriel Bateman, Bret -  Alexander DiPersia, Sophie - Maria Bello, Paul - Billy Burke



Film horor atau di Indonesia biasa disebut "film setan" memiliki pangsa pasar yang tidak sedikit bahkan sangat besar di Indonesia, hal tersebut sudah terbukti dengan tingkat keberhasilan box office yang selalu tinggi. Dan salah satu yang menjadi komoditi panas di dunia film horor saat ini siapa lagi kalau bukan James Wan, dengan portofolio seperti Saw, Dead Silence dan yang paling fenomenal adalah Insidious dengan Conjuring yang dipercaya membawa film horor ke level yang berbeda, nama James Wan seperti menjadi magnet tersendiri untuk menarik para pencinta film horor untuk masuk ke bioskop.

Seperti dikutip dari indiwire.com, menurut James Wan salah satu poin penting di dalam membuat film horor adalah tidak memerlukan modal yang besar, dengan sumber daya yang terbatas justru akan membuat para filmmakers menjadi lebih kreatif dan inovatif, genre horor itu spesial karena hanya dengan hal yang sangat kecil bisa membuat impact yang sangat besar, seperti misalnya suara pintu berderit sudah bisa membuat bulu kuduk kita berdiri, dan itu tidak membutuhkan biaya sama sekali.

Hal tersebut kembali dibuktikan oleh pria kelahiran Kuching, Sarawak, Malaysia 39 tahun yang lalu ini melalui Lights Out, walaupun hanya sebagai produser dan mempercayakan David F. Sanberg untuk pertama kalinya berada di kursi sutradara, tetapi style dan gayanya tetap terlihat, dengan hanya bermodalkan $4.900.000 (estimasi), hanya dalam pekan pertamanya saja sudah mengumpulkan hampir 4x lipatnya yaitu sekitar $21.600.000. Atas dasar inilah sequel dari film ini juga sudah dikonfirmasi akan hadir. 


Salah satu hal yang dipercaya menjadi nilai jual dari Lights Out selain short movienya yang menjadi viral di Youtube dan sudah disaksikan oleh jutaan orang, David Sanberg dengan jenius mengambil tema yang sangat mendasar dan sudah menjadi ketakutan manusia secara umum, yaitu takut akan gelap. James Wan sendiri pernah mengatakan bahwa salah satu cara paling efektif untuk menakut-nakuti penonton adalah dengan cara menyerang apa yang sudah menjadi ketakutan manusia secara umum dan hal inilah yang membuat dirinya tertarik dengan short movie Lights out dan langsung memberikan kesempatan kepada sang sutradara untuk melanjutkan karyanya ke platform yang lebih tinggi yaitu layar lebar.

Menurut Psychlogytoday.com, ada beberapa elemen penting yang harus ada di dalam sebuah film horor, yaitu :

  • Takut akan kematian
  • Kegelapan
  • Tempat yang menakutkan
  • Karakter yang memiliki fisik yang rusak
  • Ketegangan (Antisipasi dan ekspentasi)
  • Musik yang menakutkan
  • Sesuatu yang berbeda
Dari list di atas, Lights Out memiliki semuanya, mulai dari takut akan kematian sampai sesuatu yang berbeda, menyaksikan Lights Out di bioskop membawa sebuah sensasi tersendiri yang berbeda apabila kita menontonnya di home video, emosi dan ketegangan kita dibawa naik dan turun ibarat sedang menaiki wahana roller coaster di taman hiburan, terutama di dalam mengantisipasi jump scare scene yang cukup banyak. Sebenarnya elemen ini adalah yang terpenting, karena pada dasarnya manusia senang dengan kejutan, terutama yang bisa sampai membuat kita melompat dari kursi karena terkejut.

Menurut The Verge "A Well-done jump scare breaks down the same way Michael Caine describes illusions in The Prestige, with three distinct steps. First there's the pledge: a character is introduced into a situation where danger is present. They hear a rattling in the kitchen, or voices when they're home alone. Then comes the turn, where the character finds a reasonable explanation, or the immediate threat is somehow removed. Everything seems all right, and the audience lets its guard down. That's when the filmmakers execute the prestige, hitting an unsuspecting audience with the actual scare - usually accompanied by a shrieking music cue or sound effect"

Dengan pola yang sudah terbentuk seperti itu, sangat mempermudah bagi para cast untuk menyatu dengan perannya, adu akting di antara Gabriel Bateman (Anabelle), Teresa Palmer (Warm Bodies, I am number four), Alexander DiPersia (Forever, Gotham) hingga Maria Bello (Prisoners, Abduction, Grown Ups) terasa natural, hal ini juga tentu saja mempermudah tugas dari sang sutradara.

David Sanberg sendiri walaupun baru saja membuat debut menyutradarai film layar lebar, tetapi masa depannya sudah terlihat cukup cerah, bahkan sebelum film ini rilispun, dirinya sudah mendapat kontrak untuk menahkodai Anabelle 2 yang bahkan sudah memulai proses praproduksi.

Dengan tagline "You were right to be afraid of the dark" Lights Out siap untuk membuat sebuah kita merasa takut untuk hanya sekedar mematikan lampu. Pertanyannya adalah, apakah anda sudah siap untuk tidur dengan lampu menyala?

Official Trailer Lights Out



No comments