Kong Ha Hong Lion Dance Troupe dan asal usul Barongsai

Beberapa abad yang lalu pernah ada sebuah monster yang buruk rupa dan sadis, wujudnya bagaikan perpaduan antara naga dengan kuda bertanduk, monster ini selalu muncul sekali setiap tahun untuk memangsa apapun yang dilihatnya, termasuk manusia, karena munculnya hanya satu tahun sekali, maka makhluk ini diberi nama NIAN (Nian artinya adalah “Tahun”)
Nian yang mempunyai wujud gabungan antara naga dengan unicorn

Penduduk sekitar sangat takut dan mengunci pintu rumah rapat-rapat sebelum matahari terbenam menjelang hari kemunculan dari Nian, tetapi tetap saja selalu ada manusia yang dimangsanya.

Sampai akhirnya ada seorang anak muda yang bijaksana dan merasa bahwa penduduk sekitar terlalu takut yang mengakibatkan sang makhluk semakin kuat dan merasa tak ada lawannya, akhirnya dia mengumpulkan beberapa orang yang cukup berani untuk melawan makhluk tersebut

Pada malam ketika makhluk tersebut datang ke kampung tersebut, para pemberani tersebut sudah bersiap-siap menyambutnya dengan membuat makhluk tandingan yang wujudnya tidak kalah seramnya, mengambil wujud perpaduan antara singa dan naga, dilengkapi dengan tambur dan gong, dengan api obor dan petasan untuk membuat bunyi-bunyian yang sangat berisik untuk mengusir makhluk tersebut.

Dan ternyata cara tersebut cukup berhasil, karena makhluk tersebut mundur dan lari ketakutan, sampai akhirnya tersandung karena kelelahan, dan di saat kelelahan tersbut para penduduk tersebut memberanikan diri untuk membunuh makhluk tersebut.

Karena keberhasilannya mengusir Nian, maka sejak saat itu juga barongsai dipercaya mampu :
1.    Menghilangkan energi negatif
Suara yang nyaring dari tambur dan gong akan menyucikan atau membersihkan sebuah daerah atau tempat yang memiliki energi negatif / jelek menjadi energi yang baru dan bagus.
2.    Mengusir roh halus yang tidak baik
Kekuatan dari tarian dan keberadaan dari barongsai akan cukup untuk mengusir roh jahat keluar dari lokasi dan memastikan bahwa usaha yang anda kerjakan akan lebih sukses
3.    Membawa keberuntungan
Sebagai simbol kekuatan dan membawa keberuntungan dengan keberadaan barongsai

Maka sejak saat itu, mereka setiap tahunnya merayakan pesta kemenangan tersebut dengan menampilan tarian barongsai, dilengkapi dengan membunyikan tambur dan gong, lengkap dengan petasan. Sampai saat ini perayaan tersebut dilakukan, itu sebabnya setiap tahun baru imlek kita memberi ucapan Guo Nian kepada rekan-rekan yang kurang lebih maksudnya adalah, selamat karena kita semua masih hidup dan tidak dimangsa oleh makhluk bernama Nian tersebut.

Barongsai sendiri secara garis besar bisa dibagi menjadi 2 jenis, yaitu barongsai utara dan barongsai selatan, barongsai utara memiliki wujud seperti anjing dan barongsai selatan lebih menyerupai kucing. Barongsai utara atau sering disebut juga dengan Beijing bentuknya lebih pendek, berbulu lebat dan lincah, mirip seperti anjing peking, biasanya dipakai untuk sirkus dan akrobat.
Barongsai Utara atau biasa disebut juga Barongsai Beijing


Barongsai selatan sendiri terbagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu jenis “Fujian” dan “Guangdong (Canton)”, barongsai Guangdong lebih umum dipakai dan dibagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu Futshan, Hokshan dan kombinasi keduanya yang biasa disebut Fuheshan
 
Barongsai Hokshan
sumber : www.emplion.com

Futshan sangat populer di Hong Kong, tapi beberapa tim dari negara lain lebih memilih Hokshan dan Fuheshan akhir-akhir ini, Hokshan sendiri awalnya dipopulerkan oleh Malaysia, Singapore dan beberapa tim dari negara lainnya.

Barongsai Futshan
sumber : www.emplion.com

No comments