Movie review : GI Joe



Review film jadul, waktu belum ada blog, nulisnya di notes FaceBook

GI JOE

Knowing is half the battle…

Cuma sayangnya g rada buta ama yang namanya GI JOE, soalnya di saat mereka lagi booming2nya, g belum lahir tuh hehehe... tapi mungkin itu menjadi salah satu nilai positif jg buat g, soalnya dengan tidak mengetahui apa2 soal GI JOE, g jadi lebih bisa menikmati film ini, ga seperti beberapa org yg sempet ngoceh kenapa filmnya beda banget dengan bayangan mereka…

Sebenernya g pun ga terlalu antusias untuk nonton film ini, tp secara ini adalah salah satu summer movie unggulan, jd tetap wajib nonton, ternyata setelah nonton tidak terlalu mengecewakan, walaupun selama beberapa menit awal film ini g bener2 bingung mana musuh n mana jagoan, soalnya karakternya terlalu banyak dan g bener2 buta ama tokoh2 GI JOE, untung bisa sedikit dibedain dr permainan warna kostumnya.

Film ini purely popcorn movie, bahkan ada beberapa adegan yang lebih menghibur daripada transformers, btw ngomong2 tentang transformers, stlh g baca di salah satu majalah film indonesia, krn transformers dan GI JOE masih di bawah satu company yaitu hasbro, ternyata ada salah satu adegan yg dipakai di kedua film, yaitu pada saat duke n ripcord ngejar2 mobil n ditembak misil oleh baronness, gerakan menghindarnya sama dengan gerakan menghindar dr robot2 di film transformers.

Stephen sommers benar-benar lagi berjuang untuk menyelamatkan kariernya, dengan CV seperti Mummy, Mummy returns, deep rising, van helsing seharusnya Hollywood lebih punya tempat untuk sutradara seperti dia, tapi entah kenapa banyak pihak yang kurang percaya dengan hasil kerjanya, makanya bisa dibilang film ini adalah pertaruhan kariernya dia… untuk membantu kesuksesan film ini, stephen membawa beberapa orang kepercayaan dia, ada beberapa actor yang diajak di film ini, seperti Arnold vosloo (Mummy series), Kevin J.O’Connor (Ada di semua filmnya Stephen), joseph gordon levitt (Mummy series) bahkan sampai Brendan Fraser pun diajak ikutan kembali walau hanya muncul sebagai cameo…

Hasilnya bisa dibilang cukup oke, untuk sebuah summer movies film ini cukup menghibur, beberapa nilai positif dr film ini antara lain :
1. Pacenya sangat cepat, kita seakan2 ga dikasih kesempatan untuk beristirahat sedikitpun, tp malah membuat film menjadi lebih menarik dan ga membosankan.
2. Secara cast juga bisa dibilang cukup luar biasa, bayangkan ada channing tatum, dennis quaid, arnold vosloo, marlon wayans, sienna miller, rachel nichols ampe korea superstar lee byong hyun, sedikit banyak mengingatkan g pada film x-men maupun star trek.
3. Efeknya luar biasa, walaupun ada beberapa bagian yg masih kasar, tp mungkin untuk penonton awam sudah bisa membuat sedikit menganga melihat efeknya.

Beberapa kelemahan dr film ini :
1. Karena castnya yg luar biasa besarnya dan film ini lebih mengutamakan action dgn pace cepat, maka karakternya menjadi terbengkalai, otomatis hanya duke, baronness, snake eyes dan shadow sj yg dpt porsi lebih untuk penjelasan karakter, selebihnya kita ga tau apa2 tentang karakter tersebut, tdk seperti watchmen yg sangat detail dgn karakter2nya.
2. Beberapa adegan yg mnrt saya sangat over dan malah membuat film ini menjadi murahan karena merasa bisa membohongi penonton, terutama dgn baju supernya... Kok g merasanya malah jadi mirip iron man ya... (tp denger2 sih kalo di dlm film animasinya memang sering ketemu antara iron man, transformers n GI JOE).

Salah satu yg menurut g cukup unik adalah penggambaran good guy bad guy yg sangat nyata, antara keduanya sangat bertolak belakang, seperti base campnya, joe's mengambil tempat di salah satu tempat terpanas di dunia yaitu di padang pasir dan cobra's mengambil tempat di tempat terdingin yaitu di kutub utara, pemilihan kostum antara snake eyes dan shadow pun sangat bertolak belakang, cukup unik karena good guy digambarkan berwarna hitam dan bad guynya berwarna putih.

Stephen sommers cukup percaya diri dengan film ini sampai2 dia sudah persiapkan untuk sekuelnya, tp sepertinya rasa percaya dirinya akan terbayar. Karena pekikan YO JOE akan kembali kita dengar di masa2 mendatang...

PS. Kenapa setiap kali ngeliat tokoh baronness g ngebayanginnya victoria beckham yach??? Mirip banged... (www.theInigo.com)

No comments