Terima kasih Kong Ha Hong (12th Genting World Lion Dance Championship 2016)



Terima kasih Kong Ha Hong, mungkin itu adalah kalimat yang paling bisa kita ucapkan, kita sudah melihat sendiri perjuangan kalian semua dan itu membuat kami merinding, walau hasil akhir kita belum bisa menjadi yang terbaik di dunia, tapi setidaknya perjuangan kalian tidak membuat malu nama Indonesia, kalian sudah memberikan yang terbaik.



Pada tanggal 15-17 Juli 2016 yang lalu Kong Ha Hong Lion Dance Troupe bertanding di Resort World Genting, Malaysia untuk mewakili Indonesia, persaingan di kompetisi ini sungguh luar biasa, Genting World Lion Dance Championship ini adalah kompetisi tertinggi untuk cabang olah raga Barongsai, mungkin kelas dan level prestigenya selevel dengan World Cup di sepak bola atau All England di Bulu Tangkis. Atlet-atlet barongsai terbaik di dunia berkumpul untuk memperebutkan gelar sebagai The Best of The Best, Malaysia dan dunia sudah menyadari nilai prestige dari kompetisi ini dan kompetisi ini sudah masuk ke dalam agenda 2 tahunan dari tourism board mereka, Barongsai sudah menjadi suatu dagangan yang mempunyai nilai jual cukup tinggi, bagaimana tidak pertandingan diadakan di Arena of Stars, Resort World Genting yang mana tempat ini sudah sering dipakai juga sebagai tempat konser dari artis-artis dunia ketika mereka mengadakan konser di Malaysia, nilai jual pertandingan ini bisa dilihat juga dari harga tiket yang mereka bandrol, untuk babak penyisihan di hari jumat dan sabtu mereka bandrol dengan harga RM30/tiket (sekitar Rp. 99.000,- dengan nilai tukar Rp. 3.300,- / RM) dan babak final di hari minggu mereka bandrol dengan harga RM130/tiket (sekitar Rp. 429.000,-) dan luar biasanya tiket untuk final SOLD OUT!!! dari beberapa minggu sebelum hari H. Hadiah yang diperebutkan juga tidak main-main, tim juara akan mendapatkan uang pembinaan sebesar US$ 10.000, Runner up mendapat US$ 6.000 dan 2nd Runner up mendapat US$ 3.000, dan untuk tim-tim yang berhasil tampil di final semua akan mendapatkan US$ 1.000.


Jadwal lengkap babak penyisihan
Pertandingan kali ini adalah untuk yang ke-12 kalinya, kompetisi ini bertajuk "12th Genting World Lion Dance Championship 2016", ada beberapa penyesuaian di dalam pertandingan kali ini, di antaranya untuk meningkatkan gairah Barongsai di belahan dunia barat, maka di babak penyisihan kali ini akan dipilih 2 tim terbaik dari kawasan asia dan 2 tim terbaik dari kawasan barat (Western countries). Peserta pertandingan tahun ini juga melonjak cukup tinggi, dengan jumlah peserta total 38 tim dari 15 negara, babak penyisihan dibagi menjadi 2 hari, dari 38 tim di babak penyisihan tersebut hanya akan dicari 10 tim untuk bertanding di babak final. Pada babak penyisihan tim Kong Ha Hong mendapat jadwal di hari kedua dengan nomor urut 12. Di babak penyisihan Kong Ha Hong bermain sempurna dengan tidak ada pemotongan nilai sama sekali dan mendapat nilai 9.06, nilai tersebut sudah cukup untuk menempatkan Kong Ha Hong di peringkat 2 dalam babak penyisihan dan berhak untuk meraih gelar 1st Runner up Eastern Lion.
Hasil akhir dari babak penyisihan dan 10 tim yang berhak untuk bertanding di Final


Babak Final mempertandingkan 10 tim yang lolos dari babak penyisihan ditambah dengan 1 tim juara bertahan yang sudah menunggu di final, tim Kun Seng Keng Malaysia adalah sang juara bertahan, hasil undian menempatkan Kong Ha Hong di urutan ke 4, kalau dilihat dari urutan tim yang bertanding di final, sungguh mengerikan bagi para tim yang bertanding dan menggairahkan bagi para penonton, karena tim-tim tersebut sungguh-sungguh adalah tim-tim terbaik Barongsai di dunia untuk saat ini, mereka adalah tim-tim yang sudah menjadi langganan juara di negaranya masing-masing dan sudah memiliki "nama" di dunia Barongsai international. Dari 11 tim yang akan tampil di Final, terdiri dari 7 negara, Singapore, Chinese Taipei, Hong Kong, Malaysia, Thailand, China dan Indonesia, hal ini juga menjadi catatan khusus dimana terlihat bahwa kekuatan Barongsai sudah mulai merata di Asia dan tidak terlalu didominasi oleh beberapa negara saja, dan kita cukup berbangga karena ada nama Indonesia di salah satu tim terkuat Barongsai dari seluruh dunia.


Tim Kun Seng Keng Malaysia kembali merebut juara
untuk yang ke 11 kalinya
Pertandingan dimulai pada pukul 15.00, Kong Ha Hong Indonesia mulai perform sekitar pukul 15.45, performancenya bisa dilihat melalui official fan page nya yang bisa dibuka melalui link berikut, Official Fan Page Kong Ha Hong Lion Dance Troupe Indonesia, dari sana kita bisa lihat bagaimana Kong Ha Hong sudah memberikan yang terbaik, tetapi yang namanya pertandingan hanya akan dimenangkan oleh tim yang terbaik dan untuk kali ini kita harus kembali mengakui bahwa tim Kun Seng Keng Malaysia bermain lebih baik dan kembali menjadi juara untuk yang ke-11 kalinya
(Tim Kun Seng Keng Malaysia mendominasi World Lion Dance Championship ini, dari 12 kali kompetisi ini diadakan, mereka hanya "kecolongan" 1 kali di tahun 2012), Selamat untuk Kun Seng Keng Malaysia.


Hasil akhir 12th Genting World Lion Dance Championship 2016
Hasil akhir dari pertandingan mencatatkan Kong Ha Hong Lion Dance Troupe berada di peringkat 6, hasil ini tidak baik tetapi juga tidak buruk, ada beberapa catatan penting penting yang bisa kita ambil dari hasil kompetisi ini adalah Barongsai akan menjadi salah satu cabang olah raga yang cukup menjanjikan peluang medali apabila Barongsai resmi masuk sebagai olah raga dipertandingkan di Olimpiade, karena pengalaman demi pengalaman akan terus meningkatkan kemampuan serta kepercayaan diri dari atlet-atlet Indonesia, jangan patah semangat, teruslah berlatih dan sedikit yang harus diingat adalah Barongsai ini adalah olah raga yang menggabungkan antara olah raga dengan seni budaya, untuk nilai dari olah raga bisa diraih dengan berlatih dan berlatih, tapi untuk mendapatkan nilai yang tinggi dari seni budaya, hanya bisa diraih apabila kita bermain dengan "hati", hidupkan kepala Barongsai dengan hati anda, maka sang Barongsai juga akan memberikan yang terbaik untuk anda. Maju terus Barongsai Indonesia!!! (www.theInigo.com)

Kumala Citra, pemain tambur dari
Kong Ha Hong berpose dengan
Barongsai dan 2 piala yang diraih

Tim yang berangkat mewakili Kong Ha Hong Indonesia :
OFFICIAL 
Team Manager : Wong Pak
Kepala Rombongan : Andrean Wijaya
PEMAIN
Kepala : Nelsen Setiawan
Buntut : Irvan
Tambur : Kumala Citra
Gembreng 1 : Kris Julianto
Gembreng 2 : Willyanto Wijaya
Gembreng 3 : Stella Luxsiana
Gembreng 4 : Niko Setiawan
Kemong : Rio Kusuma









No comments