Kong Ha Hong Lion Dance Troupe mengibarkan bendera merah putih di Shenzhen China

Perjuangan atlet Barongsai di negeri tirai bambu



Di saat mayoritas penduduk Indonesia sedang merayakan Lebaran, 10 orang anggota tim Barongsai Kong Ha Hong berangkat menuju Shenzhen China, pada tanggal 5 Juli 2016 yang lalu mereka berangkat dengan semangat dan asa untuk menjadi yang terbaik di negeri tirai bambu, perjuangan mereka ibarat David melawan Goliath, karena tim Barongsai Kong Ha Hong sendiri baru berdiri pada tahun 1999, mereka baru belajar bermain Barongsai hanya sekitar 16 tahun, bandingkan dengan China yang sudah puluhan tahun, tapi mereka yakin dengan semangat dan skill yang mereka punya dan dengan dukungan doa serta support dari seluruh anggota keluarga dan penggemarnya, mereka yakin bisa mengibarkan merah putih di negeri asal Barongsai tersebut.


Mereka sengaja berangkat lebih awal untuk menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di arena pertandingan, karena pertandingan Barongsai yang mereka ikuti bukan hanya sekedar olah raga yang tanpa resiko, mereka tahu persis resiko yang harus mereka hadapi kalau tidak melakukan penyesuaian lapangan, patah tangan patah tulang hingga gegar otak sudah pernah mereka alami, tapi itu tidak pernah menyurutkan semangat dan asa mereka untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negaranya.


Kejuaraan yang mereka ikuti kali ini bertajuk "4th Whole Country Southern Lion Dance Open Tournament", mereka mengikuti pertandingan ini atas undangan khusus dari Sekjen Beijing Mr. Yu Hau, sebelum ini Mr. Yu Hau sendiri telah mengundang Kong Ha Hong untuk mengikuti pertandingan juga di Huang Fei Hung Open di Tiongkok dimana di kejuaraan tersebut Kong Ha Hong berhasil meraih juara 2 dan Beijing Open yang diadakan di Beijing dimana Kong Ha Hong meraih JUARA DUNIA pada waktu itu, jadi Mr. Yu Hau sudah tahu persis kualitas dari tim Barongsai Kong Ha Hong untuk meningkatkan kualitas pertandingan International di Shenzhen kali ini.


Dari 4 kategori pertandingan (Lantai, tonggak bebas, tonggak yang ditentukan dan musik), Kong Ha Hong mengikuti 2 kategori yaitu kategori tonggak bebas dan kategori musik, pada awalnya mereka tidak tahu persis mengenai kategori apa saja yang akan dipertandingkan, jadi mereka hanya melakukan persiapan untuk mengikuti pertandingan tonggak bebas saja, tetapi karena tim musik yang dibawa ikut bertanding rata-rata memang pemain tambur, akhirnya Kong Ha Hong memberanikan diri untuk ikut turun juga di pertandingan musik, "Inilah salah satu fungsi penting dari rutin berlatih, kami selalu siap untuk turun mengikuti pertandingan walau belum latihan secara khusus untuk pertandingan musik ini" begitu kata team manager Wong Pak, Kong Ha Hong menampilkan atraksi 3 tambur dengan 3 pemain wanita, hal ini juga menjadi sedikit kejutan karena di negara-negara lain masih sangat jarang menampilkan pemain wanita untuk pemukul tambur, kali ini Indonesia menurunkan langsung 3 srikandinya untuk memukul tambur.


Pertandingan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 9 Juli 2016, anggota tim Kong Ha Hong yang lain
beserta keluarga dan sanak saudara menantikan bagaimana hasil dari pertandingan tersebut dan pada siang hari, tim memberi kabar Kong Ha Hong Indonesia bermain mulus dan sempurna dan memperoleh nilai 9.12, setelah itu mereka harus menunggu sampai pertandingan selesai untuk mengetahui apakah nilai tersebut sudah cukup untuk menjadi juara, akhirnya di sore hari, kabar pun tersiar dan langsung merebak di social media, Kong Ha Hong Indonesia berhasil meraih juara 3 untuk kategori tonggak bebas dan yang tidak diduga-duga, mereka menjadi juara 1 untuk kategori musik, ucapan selamat pun langsung mengalir melalui social media.


Walau belum berhasil menjadi juara 1 untuk kategori paling utama yaitu tonggak bebas, tetapi hasil ini cukup menggemberikan dan membanggakan karena ini diraih di China, negeri asal dari Barongsai dan selain diikuti oleh China, juga diikuti oleh tim-tim hebat lainnya dari Makau, Hong Kong dan bahkan Malaysia. Hasil ini juga menjadi acuan untuk persiapan tim Kong Ha Hong di dalam menghadapi pertandingan international lainnya yang akan dilaksanakan di Genting Malaysia tepat 1 minggu setelah pertandingan di Shenzhen ini. Semoga Kong Ha Hong bisa meraih hasil yang lebih baik lagi dan bisa mengibarkan terus bendera merah putih di dunia Barongsai International. Good luck dan terima kasih untuk perjuangannya, mari kita dukung terus Barongsai Indonesia dan Kong Ha Hong. (www.theInigo.com)



List 3 besar hasil pertandingan tonggak bebas :
Juara 1 : China Guang Xi dengan nilai 9.18
Juara 2 : China Phan Ie dengan nilai 9.16
Juara 3 : Indonesia Kong Ha Hong dengan nilai 9.12


List 3 besar hasil pertandingan Musik :
Juara 1 : Indonesia Kong Ha Hong dengan nilai 8.96
Juara 2 : China Phan Ie dengan nilai 8.76
Juara 3 : Hong Kong Cheung Keung dengan nilai 8.65




Tim yang berangkat mewakili Kong Ha Hong Indonesia :
OFFICIAL 
Team Manager : Wong Pak
Kepala Rombongan : Andrean Wijaya
PEMAIN
Kepala : Andri Wijaya
Buntut : Anton Chandra
Tambur : Noviana Christiani Lionardy
Gembreng 1 : Melly Ardiana Pangestu
Gembreng 2 : Ignatius Swastiva
Gembreng 3 : Febry Chen
Gembreng 4 : Angga
Kemong : Richard

No comments