Movie review : Knowing


Review film jadul, waktu belum ada blog, nulisnya pake notes FaceBook

KNOWING

Seperti biasa, g harus mencantumkan SPOILER ALERT terlebih dahulu, karena sgt sulit utk mereview film ini tanpa membocorkan beberapa spoiler, so bagi anda yg blm nonton n tertarik utk menonton film ini, sebaiknya tidak membaca tulisan ini terlebih dahulu. 

Sebelum menonton film ini, saya membaca banyak sinopsis mengenai film ini di beberapa majalah n via internet, sepertinya semua sepakat utk mengatakan bahwa film ini memiliki tone seperti film next, dan hal itu akhinya membuat saya sedikit males utk menontonnya, tp dikarenakan masa liburan cukup panjang n hampir semua film bioskop sdh g tonton, ya jadilah g nonton film ini...

Bgitu mulai film ini sama sekali tidak menunjukan tone seperti film next, tp malah ke film carrie, poltergeist ataupun film2 yg menampilkan anak2 dgn kemampuan tertentu. Tone yg ditampilkan cukup gelap dan misterius, sedikit mirip2 dgn filmnya shyamalan (menutup2i cerita utk membuat twist di ending film). Seting rumah nic cage pun sudah cukup misterius...

Di pertengahan film, cukup banyak misteri2 yg belum terkuak, sampai akhirnya pada saat "TUHAN" menunjukan dirinya ke sang anak, baru disana kita menyadari bahwa film ini ada hubungannya dgn makhluk asing.

Well, sy ga mao cerita mengenai film ini lebih panjang lebar lagi, tapi ada beberapa hal yang menurut sy cukup mengganggu kenikmatan film karena mnrt sy scenenya seperti dipaksakan utk mendapatkan kesan misterius, yaitu:
1. Ketika lucinda menghilang di awal film, mengapa mereka harus mencarinya dalam kegelapan n memakai lampu senter??? Bukannya lebih gampang lampunya semua dinyalakan?? ? Apa lagi ikutan earth hour???

2. Keberadaan batu2 yg dikasih makhluk asing??? Apa artinya batu2 itu??? Apakah kmana2 makhluk itu bawa batu n menjadi semacam kartu nama buat makhluk asing???

3. Hampir di bagian ending film ketika mereka sdg buru2 mao pergi ke gua, si anak sempat2nya menulia angka2 seperti lucinda??? Buat apa ya? Kan bencana terakhir sdh mo terjadi, kalau si anak msh bisa menuliskan angka2 itu, berarti masih ada bencana2 tambahan dong???

Pada intinya film ini cukup menarik dan menghibur dan dari film ini kita bisa melihat bagaimana seorang alex proyas yang sepertinya memiliki kepercayaan scientology melihat bagaimana sebuah kiamat bagi bumi, mengapa saya bilang alex proyas menganut scientology? ?? Karena sepanjang film dg merasa dia lagi mengajarkan kita mengenai beberapa ajaran dari scientology melalui kuliahnya nic cage, sampai pembicaraan mengenai surga, tapi yang paling nyata adalah dia menolak mempercayai keberadaan TUHAN dan lebih memilih "alien" atau apapun itu sebagai TUHAN yg akan menyelamatkan umat manusia dan menjaga kelangsungan hidup ras manusia, kiamat yg dipilih pun sangat science yaitu dgn ledakan matahari...

Ketika menonton film ini jangan bingung kalau kita disuguhkan beberapa tone, di awal tonenya seperti carrie ataupun film2 dari shyamalan, di pertengahan seperti a beautiful mind yang berusaha memecahkan kode rahasia berupa angka2, sampai akhirnya tone yg ditawarkan seperti the day the earth stood still, dimana ada alien yang akan menyelamatkan ras manusia. (www.theInigo.com)

No comments